Sabtu, 18 September 2010

PROGRAM PEMBELAJARAN PKn KELAS V

PROGRAM PEMBELAJARAN

KELAS V
SEMESTER 1







PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20007/2008
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1.1 Mendiskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia - Menyebutkan kapan Indonesia diproklamirkan menjadi negara Merdeka
- Menuliskan isi Teks Proklamasi
- Menyebutkan presiden dan wakil presiden
- Menyebutkan bunyi pasal 1 ayat 1 tentang negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik
- Mendefinisikan tenggang : merdeka, berdaulat
- Menemutunjukkan batas wilayah Indonesia sebelah timur, tengah dan barat
- menyebutkan negara-negara yang langsung berbatasan dengan Indonesia
- Dapat menyanyikan lagu dari Sabang sampai Merauke
- menceritakan makna lagu di atas Berdirinya Negara Kesatuan RI 4 JP
1.2.Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia - Menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia secara geografis
- Menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia secara astronomis
- Menunjukkan batas laut teritorial
- Menunjukkan batas laut continental
- Menggambarkan peta Indonesia dengan kertas kalkir (menjiplak atlas yang ada)
- menunjukkan zona ekonomi eksklusif melalui gambar pada peta
- Memberi tanda batas negara yang bersinggungan langsung dengan Indonesia Wilayah Negara Kesatuan RI 4 JP
1.3.Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia - Menyebutkan pulau yang hilang dikawasan Kalimantan karena kurangnya pengawasan ketat oleh bangsa kita
- Menyebutkan contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari luar
- Menyebutkan contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari dalam
- Menjelaskan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa kita dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI
- Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
- Menyebutkan keanekaragaman suku bangsa
- Menjelaskan pentingnya Ikrar Sumpah Pemuda pada masa sebelum kemerdekaan
- Mengartikan semboyan Bhineka Tunggal Ika Memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia 4 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP






Mengetahui, Ciputat,…………. 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H.USMAN.K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20007/2008

MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami perundang-undangan tingkat pusat dan daerah

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah - Menyebutkan pasal 1 ayat 3 UUD 1945 bahwa Negara Indonesia adalah negara hukum
- Menunjukkan pentingnya peraturan perundangan
- Menunjukkan untuk siapa peraturan perundang-undangan dibuat
- Menuliskan sanksi jika melanggar hukum
- Menyebutkan sumber hukum penyusunan peraturan perundang-undangan
- Menuliskan Tap MPR tentang sumber hukum, dan tata urutan peraturan perundang-undangan
- Menuliskan tata urutan perundang-undangan di Indonesia Peraturan perundang-undangan 4 JP
- Menyebutkan bahwa UUD 1945 adalah bentuk peraturan perundang-undangan yang tertinggi sebagai hukum dasar
- Menjelaskan pengertian amandemen
- Menuliskan peraturan yang sifatnya dibuat oleh pusat
- Menuliskan peraturan yang sifatnya dibuat oleh daerah
- Menyebutkan apa yang dimaksud Tap MPR
- Menyebutkan siapa yang berhak menetapkan Undang-undang
- Menjelaskan apa yang dimaksud dengan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang
- Memberikan contoh tentang peraturan pemerintah Peraturan perundang-undangan tingkat pusat 4 JP
2.2 Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok - Menuliskan pengertian arti korupsi
- Menyebutkan lembaga yang bertugas untuk menyelidiki perkara korupsi
- Menyebutkan pidana yang dijatuhkan kepada para koruptor
- menuliskan UURI anti korupsi no. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi
- Menuliskan lama pidana dan denda bagi pelanggar korupsi
- Menuliskan UU No. 14 Tahun 1992 pasal 26 ayat 1
- Menyebutkan tempat penyebrangan bagi pejalan kaki
- Memberikan contoh akibat pengguna jalan bila tidak menaati peraturan lalu lintas
4. Menuliskan sanksi jika melanggar peraturan lalu lintas Peraturan perundang-undangan di Indonesia 6 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Uji Kompetensi Akhir 2JP




Mengetahui, Ciputat,10 Juni 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP



PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/ 2009

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

BILANGAN
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat, termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran - Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), asosiatif (pengelompokan), dan distributive (penyebaran) untuk melakukan operasi bilangan bulat
- Membulatkan hasil operasi hitung ke puluhan, dan ratusan terdekat
- Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan Operasi hitung bilangan bulat 14 JP
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB - Menentukan PKP dan FPB dengan menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima
- Memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan KPK dan FPB Menentukan KPK dan FPB dengan faktor prima dan faktorisasi prima 10 JP
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat - Membaca dan menulis bilangan bulat dalam kata-kata dan angka
- Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bilat
- Melakukan operasi perkalian bilangan bulat
- Melakukan operasi pembagian bilangan bulat
- Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
- Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat Operasi hitung campuran bilangan bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana - Menentukan hasil perpangkatan dua
- Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
- Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
- Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan berpangkat dua Bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB - Menyederhanakan pecahan biasa dengan menggunakan FPB
- Menjumlahkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
- Menumlahkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
- Mengurangkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
- Mengurangkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Mengetahui, Ciputat, 10 Juni 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H. USMAN. K HOTIB. S. Pd

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20007/2008

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi :

GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.1 Menulis tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam, - Menggunakan tanda waktu dengan notasi 12 Jam (melibatkan keterangan pagi, sore atau malam)
- Menenetukan tanda waktu dengan rotasi 24 jam Menggunakan satuan waktu 10 JP
2.2 melakukan operasi hitung satuan waktu - Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu Menggunakan satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut - Menentukan dan menaksir besar suatu sudut Pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan - Menunjukkan hubungan antara satuan jarak, waktu dan kecepatan 2 JP
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan - Menentukan lama yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu, jika diketahui kecapatan rata-rata
- Menentukan jarak yang ditempuh jika diketahui lama perjalanan rata-rata
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP







Mengetahui, Ciputat, 21 Juni 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
3.1.Menghitung luas trapesium dan layang-layang - Menentukan luas trapesium Menghitung luas trapezium dan luas layang-layang 8 JP
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas lingkaran
- Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling lingkaran
- Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas jajaran genjang
- Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berhubungan dengan luas jajaran genjang Menghitung luas bangun datar
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP













Mengetahui, Ciputat, 21 Juni 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP



H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP.


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
4.1 Menghitung volume kubus dan balok - Menentukan volume kubus
- Menetnukan volume balok Menghitung volume bangun ruang 8 JP
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volumen kubus dan balok - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan volume kubus
- Menentukan simetri lipat suatu bangun datar
- Menentukan jumlah / banyak tingkat simetri putar suatu bangun datar
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Uji Kompetensi Akhir 2JP
Mengetahui, Ciputat, 21 Juni 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP



H. USMAN. K HOTIB. S. Pd


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan

MENDENGARKAN
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. - Mencatat pokok-pokok pembicaraan
- Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan
- Menanggapi isi penjelasan
- Membuat kerangka hasil penjelasan dari nara sumber Penjelasan nara sumber 5 JP
1.2.Mengidentifikasi unsur cerita tentang rakyat yang didengarnya - Mendaftar nama-nama tokoh dalam cerita dan menulis watak tokoh cerita rakyat
- Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami
- Menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat
- Mengidentifikasi nama tokoh dalam cerita yang didengar
- Menulis watak tokoh cerita rakyat yang didengar Cerita rakyat
5 JP

Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP









Mengetahui, Ciputat, 01 Juli 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H. USMAN. K HOTIB, S. Pd
NIP. NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara

BERBICARA
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa - Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut
- Memberikan komentar atau saran dengan bahasa yang santun
- Mengungkapkan alasan dengan logis
- Mengidentifikasi sebab-sebab masalah / peristiwa itu dapat terjadi Menanggapi peristiwa 5 JP
2.2. Menceritakan hasil pengamatan/ kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar - Menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
- Menuliskan hal-hal penting yang diamati
- Menceritakan hasil pengamatan/ kunjungan secara lisan dengan bahasa runtut, dan benar
- Membuat kesimpulan Hasil pengamatan 5 JP
2.3. Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa - Menyebutkan 6 kata tanya
- Menggunakan kata tanya dalam konteks kalimat
- Menuliskan daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar
- Menulis kalimat wawancara dengan benar
- Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dengan struktur berbahasa
- Membuat laporan hasil wawancara Wawancara 5 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP





Mengetahui, Ciputat, 01 Juli 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP.



PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi

MEMBACA
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat - Membacakan percakapan dengan lafal dan intonasi yang wajar
- Mencatat pokok-pokok isi percakapan
- Menuliskan rangkuman isi percakapan
- Menyusun teks percakapan dengan bahasa yang santun Teks percakapan 5 JP
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit - Membaca teks dengan kecepatan 75 kata/ menit dengan benar
- Menyebutkan gagasan utama dari teks yang dibaca
- Mencatat hal-hal penting dari bacaan
- Menuliskan gagasan utama
- Menceritakan kembali isi bacaan Gagasan utama 5 JP
3.3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat - Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang telat
- Membaca puisi dengan jeda yang benar
- Menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira dan lain-lain)
- Mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Membaca puisi 5 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP







Mengetahui, Ciputat, 01 Juli 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP NIP

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis

MENULIS
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
4.1.Menuliskan karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dengan penggunaan ejaan - Menyusun pokok-pokok pikiran dan pengalaman pribadi
- Mengembangkan pokok-pokok pikiran menjadi paragraf dengan bahasa yang baku
- Menentukan judul karangan dengan tepat sesuai pengalaman
- Menulis karangan deskripsi Menulis karangan 5 JP
4.2. Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan - Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa surat undangan
- Menyebutkan bagian-bagian surat undangan
- Menyusun surat undangan ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah sesuai dengan kaidah Surat undangan 5 JP
4.3. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya - Mengidentifikasi ciri-ciri teks dialog
- Menggunakan tanda titik dua (:) dalam menuliskan teks dialog dengan memperhatikan isi serta peranannya
- Menulis teks dialog yang diperankan 3 tokoh Menulis dialog 5 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Uji Kompetensi Akhir 2JP







Mengetahui, Ciputat, 01 Juli 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP



H. USMAN, K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1.1 mengidentifikasi fungsi organ per-napasan manusia - Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia
- Menyebutkan alat pernapasan pada manusia
- menggambar alat pernapasan dan mendemonstrasikan cara kerjanya
- Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman
- Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan Organ pernapasan alat pernapasan manusia dan hewan
12
JP
1.2 Mengidentifikasi fungsi pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah - Mengidentifikasikan alat pernapasan pada hewan ikan dan cacing tanah
- membuat model alat pernapasan pada ikan dan cacing tanah
- Menyebutkan alat pernapasan hewan lainnya, seperti burung, katak, lumba-lumba
- Menyebutkan fungsi alat pernapasan pada hewan-hewan tersebut 8
JP
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan - Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia
- Menyebutkan fungsi alat pencernaan pada manusia
- Mencari informasi beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan
- Mempraktikkan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan
- Mengidentifikasi makanan bergizi
- Membuat daftar menu makanan bergizi seimbang untuk dirinya
- Menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat
- Mempraktekkan cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya Makanan dan kesehatan
8 JP
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia - Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar
- Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia
- Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah Alat peredaran darah
8 JP
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia - Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia
- Mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah 8 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Uji Kompetensi Akhir 2JP










Mengetahui, Ciputat, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
\


H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
MATA PELAJARAN IPA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan - Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain
- Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan
- Mengidentifikasikan bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya
- Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dari hewan sebagai sumber energi
- Memprediksi yang akan terjadi bila dunia ini tidak ada tumbuhan hijau Tumbuhan hijau 10 JP
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan - Mengidentifikasikan bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya
- Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi
- Memprediksi yang akan terjadi bila dunia ini tidak ada tumbuhan hijau Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungan-nya 6 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP




Mengetahui, Ciputat, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP



H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
MATA PELAJARAN IPA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

BENDA DAN SIFATNYA
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk memper-tahankan hidup - Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya
- Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya misalnya memiliki racun, duri atau daun yang tajam
- Mengidentifikasikan ciri khusus pada beberapa hewan untuk melindungi dirinya, misalnya duri tajam, cairan tinta, tanduk dan sengat
- Mengaitkan ciri khusus tumbuhan dengan tempat hidupnya Keterkaitan antara makhluk hidup dengan lingkungan 6 JP
3.2 Mengidentifikan penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup - Mengaitkan ciri khusus tumbuhan hewan dengan lingkungannya
- Membuat daftar tentang hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
- Menentukan usaha yang telah dilakukan untuk mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan
- Menjelaskan kerugian yang dialami manusia karena hilangnya jenis makhluk hidup tertentu
- Ikut berpartisipasi dalam pelestarian jenis makhluk hidup
Keterkaitan makhluk hidup dengan lingkungan 8 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP



Mengetahui, Ciputat, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
MATA PELAJARAN IPA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses

BENDA DAN SIFATNYA
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang kain, dan kertas - Mengidentifikasi beberapa jenis bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya bahan tali timah
- Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya
- Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuatannya
- Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji misalnya berbagai jenis barang
- Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya dari hasil percobaan Keterkaitan antara ciri makhluk hidup dengan lingkungan teknologi dan masyarakat 6 JP
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap - Menyimpulkan data tentang sifat benda seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan
- Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses, misalnya lilin dipanaskan, kertas dibakar, semen dicampur air dan pembusukan buah
- Menjelaskan faktor yang menyebabkan perubahan pada benda
- Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat berubah ke wujud semula setelah mengalami suatu proses
- Mendiskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan Struktur benda 6 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Uji Kompetensi Akhir 2JP


Mengetahui, Ciputat, 15 Juli 2007.
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP




H. USMAN. K HOTIB. S. Pd
NIP. NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1.1 Mengenal makna peninggalan –peninggalan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia - Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu yang ada di Indonesia
- Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Candi dan tradisi agama di berbagai daerah Indonesia
- Menceritakan kejayaan Maja Pahit dan Peran Gajah Mada dalam Upaya Menyatukan Nusantara Peninggalan kerajaan Hindu Budha 16 JP
1.2 Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia - Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia (Stupa Borobudur dan tradisi agama)
- Menceritakan Sriwijaya sebagai kerajaan Maritim dan pusat Penyebaran Agama Budha
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia
- Menceritakan peninggalan Sejarah yang bercorak Islam (masjid, pesantren dan tradisi agama)
- Menceritakan tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu Budha dan Islam 8 JP
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/ globe dan media lainnya - Menggambarkan peta Indonesia dengan menggunakan simbol
- Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia
- Menunjukkan peta persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah di Indonesia
- Mengidentifikasi ciri dan sifat cuaca/ iklim di wilayah Indonesia
- Menjelaskan perubahan cuaca / iklim dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat
- Mengidentifikasi kenampakan alam buatan di Indonesia
- Menjelaskan keuntungan dan kerugian kenampakan alam buatan (waduk, pelabuhan, kawasan industri) Kenampakan alam buatan di Indonesia 18 JP
1.4 Menghargai keragaman suku dan budaya di Indonesia - Menunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
- Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa
- Mengidentifikasikan keaneka-ragaman budaya yang terdapat di Indonesia
- Mengembangkan sikap menghormati budaya di Indonesia Keanekaragaman suku bangsa 16 JP
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia - Menyebutkan jenis usaha perekonomian dalam masyarakat
- Memberi contoh yang dikelola sendiri dan kelompok
- Memberi contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam perusahaan
- Memberi contoh kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi di Indonesia
- Kunjungan ke salah satu produsen Jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi 10 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Uji Kompetensi Akhir 2JP






Mengetahui, Ciputat, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP


H. USMAN. K HOTIB. S. Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar